Minggu, 01 Juni 2008

Telur raksasa. Surga baru bagi pekerja kantoran di India

Tampaknya India juga tidak ingin ketinggalan dengan negara-negara lain di Timur Tengah dalam hal arsitektur. Saat ini di Mumbai, India kabarnya sedang dibangun gedung baru yang bernama Cybertecture Egg (atau Cybernetic Egg). Dengan desainnya yang berbentuk telur raksasa, gedung ini akan menjadi salah satu gedung terunik di dunia.

Gedung yang rencananya akan dijadikan gedung perkantoran ini tidak hanya memiliki desain yang indah, namun juga sangat ramah lingkungan. Gedung ini memiliki taman dengan berbagai tanaman dan pepohonan pada bagian atasnya. Selain untuk keindahan, taman tersebut juga dapat berfungsi untuk mensuplai udara segar dan sejuk ke seluruh gedung, sehingga dapat mengurangi penggunaan AC yang dapat merusak lingkungan. Tidak hanya itu, gedung ini juga dapat menghasilkan listriknya sendiri dengan menggunakan tenaga angin dan matahari.

Para pekerja yang yang berada dalamnya juga akan mendapat perhatian khusus dari Cybertecture Egg ini. Ruang toilet dan kamar mandi yang ada dalam gedung ramah lingkungan ini dapat memantau kesehatan para pekerja yang menggunakannya dengan cara mengukur berat tubuh, tekanan darah, dan berbagai parameter lain. Apabila gedung ini menemukan masalah kesehatan, maka peringatan dapat dikirimkan ke pekerja yang bersangkutan atau ke dokter yang telah ditentukan. Dan tentu saja, selain itu para pekerja juga akan mendapatkan ruang kantor yang nyaman dan indah (^_^).

(source Gizmodo )