Sabtu, 07 Juni 2008

Di tahun 2010, Taksi juga bisa terbang

Sepertinya kini taksi tidak hanya dapat digunakan di darat saja. Setelah muncul taksi air di Osaka, Jepang (anda dapat membacanya di sini ) kini muncul lagi berita mengenai taksi yang bisa terbang.


Avcen Jetpod T-100 adalah kendaraan yang mungkin akan menjadi taksi terbang pertama di dunia. Kendaraan ini disebut dengan VQSTOL (Very Quiet Short Take-Off and Landing) karena kemampuannya untuk take-off dan mendarat pada landasan yang sangat pendek. Bisa dikatakan bahwa taksi terbang ini memiliki fungsi yang merupakan perpaduan antara taksi, dan pesawat. Apabila tidak ada halangan, maka kendaraan ini akan mulai tersedia pada 2010.

Taksi terbang ini tidak direncanakan untuk menggantikan taksi biasa yang sudah ada saat ini, sebab taksi ini tidak dapat digunakan untuk menempuh jarak yang terlalu pendek (seperti yang dapat dilakukan oleh taksi biasa). Taksi terbang ini juga tidak akan menggantikan fungsi pesawat komersil yang ada saat ini, sebab taksi ini tidak dapat digunakan untuk menempuh jarak yang terlalu jauh (seperti yang dapat dilakukan pesawat komersil).


Taksi ini dapat menempuh jarak 920 mil dengan kecepatan sekitar 350 mil per jam. Apabila anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai taksi terbang ini, anda dapat melihatnya langsung pada situs resminya di http://www.avcen.com.

(source dvice, engadget )