Sabtu, 28 Juni 2008

Senter untuk melihat warna

Bright-F memiliki bentuk menyerupai senter, namun senter yang satu ini bukan sembarang senter. Selain sebagai alat penerangan, senter ini juga dapat mengenali warna dari obyek yang disinarinya. Warna yang berhasil dilihatnya akan diterjemahkan ke dalam bentuk suara. Misalnya bila senter ini kita arahkan ke bola yang berwarna merah, maka senter ini akan mengatakan “merah”. Bila senter ini kita arahkan ke tembok yang berwarna hijau, maka senter ini akan berkata “hijau”, dan sebagainya.
Orang-orang yang memiliki masalah penglihatan tentu akan sangat terbantu dengan adanya senter ini. Namun bukan berarti orang normal tidak dapat merasakan manfaatnya. Selain mengucapkan warna-warna seperti “hijau”, “merah”, “biru”, dan sebagainya, senter ini juga dapat mengucapkan warna dengan lebih detail seperti “merah darah”, “merah muda”, “merah kecoklatan”, dan sebagainya, bahkan mungkin alat ini juga bisa mengatakan lebih detail lagi ke dalam bentuk hexadecimal seperti “FF0000”, “FF6666”, “”FEBA44”, dan sebagainya.
Dengan kemampuannya untuk mengenali warna dengan detail, maka senter ini juga akan sangat bermanfaat bagi siapapun dalam berbagai bidang. Misalnya untuk mencocokkan warna cat tembok dengan interior, mencocokan warna pakaian, atau sekedar untuk mempermudah kita mencatat warna suatu benda, dan sebagainya.

Namun sayang, sejauh ini Bright-F masih hanya sekedar konsep. Belum ada keterangan mengenai ketersediaan senter canggih ini dipasaran maupun harganya.

(source YankoDesign )