Senin, 16 Juni 2008

Objek virtual yang dapat dibawa ke mana-mana

Mungkin suatu saat di masa depan kita akan melihat orang-orang membawa objek virtual dalam genggamannya. Mungkin akan ada yang membawa tanaman virtual peliharaanya, mungkin akan ada yang membawa binatang virtual, mobil, maket gedung, atau bahkan mungkin akan ada juga yang membawa artis kesayangannya dalam genggamannya. Semua objek virtual tadi terlihat nyata, seolah-olah memang ada dalam dunia nyata, bukan hanya di dalam layar komputer atau PDA.

NICT (National Institue and Communication Technology), Jepang, saat ini sedang mengembangkan tekhnologi yang memungkinkan kita untuk dapat melihat berbagai objek virtual dalam ruang 3D. Objek virtual tersebut akan dapat kita lihat di dalam kubus seukuran telapak tangan yang dapat kita bawa kemana-mana. Kubus tersebut diberi nama gCubik.
Pada ke-enam sisi kubus gCubik tersebut terdapat panel-panel LCD yang diselimuti oleh sekumpulan lensa-lensa tertentu. Lensa-lensa itulah yang bertugas mengelabui pandangan kita hingga seolah-oleh objek virtual tersebut benar-benar ada di dalam kubus tersebut.

Saat ini gCubik memang masih berada dalam tahap yang sangat awal, sehingga tampilan yang dihasilkan masih jauh dari harapan. Namun pada versi finalnya nanti, gCubik akan dapat membuat banyak orang mengira bahwa benar-benar ada objek dalam kubus tersebut (^_^).
(source nikkeibp )