Jumat, 27 Juni 2008

Kereta masa depan dari China. Kereta yang tidak perlu berhenti di Stasiun

Sementara negara-negara lain berlomba-lomba untuk membuat kereta yang semakin cepat, dan semakin cepat lagi, China justru berpikir di luar itu. China memang ingin keretanya dapat melaju lebih cepat, namun bukan dengan cara mempercepat laju kereta itu sendiri, melainkan dengan cara membuat kereta tersebut tidak perlu mengurangi kecepatan saat mendekati stasiun, bahkan kereta ini tidak perlu berhenti sama sekali di stasiun. Bingung ? untuk lebih jelasnya, simak video berikut :


Pada konsep kereta di atas, setiap kali penumpang ingin naik atau turun dari kereta, maka mereka harus melakukannya bukan melalui pintu yang ada di samping kereta, namun melalui kabin kecil yang ada di atas kereta. 

Misalkan anda ingin naik kereta, maka yang perlu anda lakukan adalah pergi ke peron yang ada di lantai atas, lalu masuk dan duduk di kabin terdepan. begitu kereta datang, maka kabin tersebut akan langsung terbawa dengan mulus oleh kereta tadi (kereta tidak berhenti). Setelah kabin terbawa, maka anda dapat turun ke gerbong yang ada di bawah anda. Begitu pula bila anda ingin keluar dari kereta, apabila anda merasa bahwa stasiun berikutnya adalah stasiun tujuan anda, maka yang perlu anda lakukan adalah pergi ke kabin yang ada di atas gerbong anda, dan begitu kereta tiba di stasiun tujuan anda maka kabin akan tertinggal dengan mulus di stasiun (kereta tidak berhenti), nah, setelah kabin berhenti maka anda dapat keluar dari kabin.

Menurut saya ini konsep yang sangat brilliant (^_^). Walaupun memerlukan modifikasi yang tidak sedikit pada kereta dan stasiun, namun biaya yang harus dikeluarkan akan jauh lebih murah dibanding apabila harus membangun kereta dan stasiun baru.