Selasa, 17 Juni 2008

Cobra yang dapat menangkap energi matahari dan sekaligus mendidik anak (?)

Bila mendengar kata “Cobra”, biasanya yang terlintas di pikiran banyak orang adalah ular yang berbahaya dan harus di jauhi. Namun kita tidak perlu takut pada Cobra yang satu ini. Sebab Cobra ini dapat menghasilkan listrik untuk kita dan sekaligus mendidik anak-anak untuk peduli terhadap lingkungan.

Objek berbentuk kepala Cobra di atas sebenarnya adalah semacam shelter yang dapat melindungi kita dari hujan dan terik matahari. Tidak hanya itu, dengan panel-panel surya yang melekat pada permukaan atas kepalanya, shelter ini juga dapat menangkap energi matahari dan mengolahnya menjadi listrik.

Shelter ini rencananya akan diletakkan di sekolah-sekolah dasar di Australia. Shelter yang dirancang untuk dapat diputar di tempat ini memiliki LED pada tubuhnya. LED ini berfungsi untuk menunjukkan berapa banyak energi matahari yang berhasil diserap. Dengan mengamati LED tadi, sambil memutar-mutar tubuh Cobra ini, anak-anak dapat belajar bagaimana caranya untuk dapat menangkap energi matahari dengan optimal.

Jadi, selain melindungi anak-anak dari hujan dan terik matahari, Cobra ini juga dapat menghasilkan listrik, dan sekaligus mendidik anak-anak mengenai bagaimana caranya mendapatkan listrik dari sumber-sumber yang ramah lingkungan. Benar-benar Cobra yang sama sekali tidak menakutkan ya ? (^_^)

Sayangnya, sampai saat ini, Shelter berbentuk Cobra ini masih hanya sekedar konsep.

(source ecogeek, dezeen )