Rabu, 11 Juni 2008

DimP. Kendalikan jalannya video dengan menggerakkan objek di dalam video tersebut

Bila anda pernah menjalankan video di komputer, maka anda pasti tidak asing lagi dengan yang namanya “Seek Bar”. Dengan memaju-mundurkan Seek Bar kita dapat dengan mudah mengendalikan jalannya video. Hampir semua video player yang pernah saya coba memiliki Seek Bar ini.
Sekarang, bagaimana bila kita dapat mengendalikan jalannya video tanpa menyentuh Seek Bar sama sekali? DimP (direct manipulation video player) memungkinkan kita untuk dapat mengendalikan video dengan cara menggerakkan (click & drag) obyek yang ada dalam video tersebut. Setiap kali kita menggerakkan suatu obyek yang ada dalam suatu video maka video tersebut juga akan berjalan maju/mundur sesuai arah pergerakkan obyek. Untuk lebih jelasnya simak video berikut ini :
Nampaknya tidak lama lagi teknologi baru ini akan semakin banyak diterapkan. Sebab salah satu dari pencipta teknologi ini kini sudah direkrut oleh Adobe untuk mengerjakan proyek serupa.
Apabila anda tertarik, Anda dapat membaca lebih lanjut mengenai DimP dan mendownloadnya langsung pada alamat http://www.aviz.fr/dimp/
 
(source techcrunch )