Senin, 26 Mei 2008

Indonesia, negara kedua pengguna Operamini terbesar di dunia

Sepertinya Operamini semakin lama semakin populer saja. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Opera, pada akhir maret lalu paling tidak Operamini telah digunakan di 44 juta Handphone di seluruh dunia. Hal ini menjadikan Operamini sebagai micro browser terpopuler di dunia (tentu saja selain browser bawaan yang secara default sudah terpasang di Handphone kita).

(Jumlah pengguna Operamini per bulan)

Opera juga mencatat angka yang cukup fantastis untuk jumlah penayangan halaman atau page views. Jumlah halaman yang telah ditayangkan oleh Operamini hingga maret 2008 lalu mencapai 2.4 milyar page views. Itu berarti rata-rata setiap satu user melihat sekitar 55 halaman dengan menggunakan Operamini. Bila rata-rata satu halaman memiliki ukuran data sebesar 10-14 kilobytes, maka jumlah data yang telah disajikan Operamini adalah sekitar 33 juta megabytes.

(Jumlah page views per bulan)

Mau tahu yang lebih hebat lagi ? ternyata Indonesia ada di urutan nomor dua negara pengguna Operamini terbesar di dunia. Wow! Itu berarti jumlah pengguna Operamini di Indonesia lebih banyak dibanding jumlah pengguna Operamini di Amerika Serikat. Berikut ini adalah urutan 10 besar pengguna Operamini terbesar di dunia :

  1. Rusia
  2. Indonesia
  3. China
  4. Amerika Serikat
  5. India
  6. Afrika Selatan
  7. Ukraina
  8. Inggris
  9. Jerman
  10. Polandia

Tidak disangka, ternyata jumlah pengguna mobile internet di Indonesia cukup luar biasa juga ya ? ini pun baru hanya pengguna Operamini saja, belum browser yang lain. Sebenarnya apa sih yang biasa diakses warga Indonesia melalui Handphonenya. berikut ini adalah jumlah halaman yang paling banyak dikunjungi oleh pengguna dari Indonesia :

  1. www.friendster.com
  2. id.yahoo.com
  3. www.google.com
  4. www.peperonity.com
  5. wireless.getjar.com
  6. www.mig33.com
  7. www.mocospace.com
  8. www.itsmy.com
  9. gallery.mobile9.com
  10. www.kaskus.us

Dengan kesuksesan Operamini ini, banyak produsen handphone yang mulai melirik browser keluaran Opera ini. Bukan hal yang mustahil bila di masa depan nanti Operamini akan menjadi browser bawaan yang secara default sudah terpasang di Handphone kita.

Anda dapat mendownload versi terbaru dari Operamini (versi 4.1) ini pada alamat http://www.operamini.com.

(source cybernetnews, Opera )