Minggu, 11 Mei 2008

Xiaonei. Facebook-nya China

Kemampuan China dalam meniru sesuatu memang tidak diragukan lagi. Setelah beberapa saat yang lalu saya membahas mengenai Hipihi, atau Second Life-nya China, kini saya juga menemukan situs yang mirip sekali dengan Facebook, yaitu Xiaonei, Facebook -nya China.

Xiaonei (校内网), atau yang dalam bahasa indonesianya “di dalam kampus”, adalah situs komunitas yang diperuntukkan khusus bagi para mahasiswa China. Entah disengaja atau tidak, hal ini persis sekali dengan sejarah Facebook yang pada saat awal berdirinya juga diperuntukkan khusus bagi para mahasiswa di Amerika Serikat. Bahkan saat ini Xianoei juga telah merambah ke sekolah-sekolah dan perusahaan-perusahaan di China, sama persis dengan sejarah Facebook (anda dapat membacanya di sini ) yang pada kemudian juga merambah ke sekolah-sekolah, perusahaan-perusahaan sampai akhirnya menjadi Facebook yang kita ketahui saat ini.

Selain kemiripan dari segi sejarah, kemiripan lain yang sangat mencolok adalah pada tampilan websitenya. Kebetulan karena saya bukan pelajar China, dan saya juga tidak bisa berbahasa China jadi saya tidak mendaftar pada situs ini, namun berikut ini adalah beberapa screenshot yang saya ambil dari Xiaonei.

Xiaonei didirikan pada Desember 2005 oleh Wang Xing, Wang Huiwen, Lai Binqiang dan Jacky, ke-empat orang tersebut merupakan lulusan Qinghua University. Saat ini Xiaonei merupakan situs komunitas terpopuler di antara para pelajar China. Pada November 2007 lalu situs ini tercatat memiliki 15 juta member dengan jumlah member aktif sebesar 8.8 juta orang.

Pada tanggal 1 mei 2008 lalu, dikabarkan bahwa Xiaonei berhasil menggalang dana sebesar $430 juta, yang artinya Xiaonei memiliki jumlah dana yang lebih kuat dibanding Facebook (?). Dengan dana sebesar ini seharusnya Xiaonei tidak perlu meniru Facebook lagi, bahkan mungkin seharusnya bisa menjadi lebih besar dari Facebook (?).

Anda dapat mengakses Xianoei pada http://www.xiaonei.com.

(source cwrblog, TechCrunch, Sneijers)