Jumat, 02 Mei 2008

[Video] Robot-robot Jepang menyerbu Amerika

Kemajuan teknologi yang begitu pesat di Jepang membuat semakin tingginya angka kelahiran robot di negeri matahari terbit tersebut (^_^). Bila anda seorang penggemar teknologi atau otaku, mungkin anda sudah tahu bahwa robot bukanlah hal yang yang sulit untuk ditemukan di Akihabara. Hampir setiap hari libur, ada saja olahraga-olahraga yang dipertandingkan khusus untuk para robot.

Robot-robot pada video di atas memang bukan robot-robot cerdas seperti ASIMO dan QRIO. Namun dengan ukuran yang jauh lebih kecil dan kecerdasan yang jauh lebih rendah dibanding ASIMO dan QRIO, robot-robot mini ini memiliki harga yang juga jauh lebih terjangkau (^_^*). Salah satu nama yang cukup terkenal dari robot-robot mini ini adalah G-Robot.

HPI GR-001 adalah tipe robot generasi awal dari G-Robot. Dengan 20 motor penggerak dalam tubuhnya, GR-001 dapat bergerak dengan cepat dan lincah. Masing-masing motor penggerak tersebut dapat kita program sesuai kebutuhan kita.

Saat ini GR-001 tengah berusaha untuk masuk ke pasar Amerika Serikat. Rencananya robot lincah ini akan dipasarkan dengan harga sekitar US$2400.

(source Technabob )