Minggu, 18 Mei 2008

Hovercraft militer terbesar di dunia

Entah mengapa, Akhir-akhir ini saya banyak menulis tentang teknologi militer. Dan mayoritas di antara artikel-artikel yang saya buat tersebut adalah membahas mengenai kecanggihan teknologi militer US. Nah, untungnya teknologi militer yang akan saya bahas kali ini bukan berasal dari US, namun dari Rusia (^_^).


Semenjak 1988, Rusia telah memiliki Hovercraft militer yang cukup menarik perhatian US. Mungkin memang tidak ada teknologi baru dari Hovercraft ini, namun ukurannya yang sangat besar-lah yang membuatnya menjadi begitu istimewa. Hovercraft ini disebut “Zubr”, dan sampai saat ini Zubr dikabarkan masih tetap memegang rekor sebagai Hovercrat militer terbesar di dunia.





Dengan berat 621 ton, Zubr mampu membawa muatan dua kali lebih banyak di banding kendaraan sejenis yang dimiliki oleh angkatan laut Amerika Serikat. Dengan daya angkut seperti itu, Zubr dapat membawa beberapa tank dan kendaraan tempur lainnya dalam satu kali angkut, bahkan masih ada cukup ruang untuk membawa peluncur missil serta berbagai peralatan berat lainnya.

Ke-tiga kipas raksasa yang ada di punggungnya membuat Zubr mampu dipacu hingga kecepatan 60 knot. Zubr mampu mengambil muatan dari kapal induk yang terletak 300 mil dari bibir pantai, dan membawa muatan-muatan tersebut langsung ke daratan dalam waktu singkat. Tidak hanya itu, Zubr juga diperlengkapi dengan persenjataan berat yang membuatnya mampu menembus garis pantai musuh dengan mudah.