Rabu, 21 Mei 2008

[Video] Parkir otomatis dengan robot. Cepat, hemat, dan nggak bikin stress (^_^)

Berikut ini adalah animasi mengenai konsep perparkiran otomatis yang sedang dikembangan oleh perusahaan asal Korea Selatan.


Sebenarnya sistem perparkiran dengan robot seperti yang terlihat pada video di atas ini sudah lama diterapkan oleh Jepang dan beberapa negara di Eropa. Bahkan di Jepang sendiri sistem perparkiran seperti ini tidak hanya diterapkan untuk mobil, tapi juga untuk sepeda (anda dapat membacanya di sini ).

Mengapa sistem perparkiran otomatis ini perlu dibuat ? Pertama, Sudah jelas bahwa jumlah kendaraan terus meningkat, sedangkan jumlah lahan parkir justru terus menurun. Dengan sistem perparkiran otomatis ini, lahan yang sempit-pun dapat memuat kendaraan dengan jumlah yang lebih banyak.





Alasan berikutnya adalah, sistem perparkiran otomatis dapat menimbulkan penghematan yang luar biasa. Selain menghemat lahan, sistem perparkiran otomatis ini juga dapat menghemat waktu, tenaga, dan juga bahan bakar kendaraan kita. Dengan sistem ini kita tidak perlu berputar-putar mengelilingi gedung parkir hanya untuk mencari tempat parkir kosong. Dengan makin sedikitnya pembakaran, maka efeknya terhadap lingkungan pun juga cukup bagus.

Alasan ketiga adalah, keamanan yang lebih terjamin. Dengan sistem perparkiran otomatis ini, pengawasan dapat lebih mudah dilakukan terhadap kendaraan kita. Bila diperlukan, setiap satu kendaraan dapat memiliki satu kamera yang mengawasinya. Namun sepertinya hal tersebut tidak dibutuhkan, sebab tidak sembarang orang dapat mengambil atau bahkan mendekati kendaraan anda. Untuk mengambil kendaaran, dibutukan tanda pengenal berupa kode atau kartu-kartu khusus. Walaupun tidak mustahil masih ada orang yang dapat mengambil kendaraan kita, tapi tetap saja, sistem perparkiran ini memiliki keamanan yang lebih terjamin.


Namun sayangnya, walaupun sistem perparkiran otomatis ini memiliki banyak keuntungan, sistem perparkiran ini juga memiliki kerugian. Apa kerugiannya ? tentu saja pada biaya parkirnya yang lebih mahal (^_^*).

Hmmh, sepertinya sistem perparkiran otomatis ini cocok sekali diterapkan di Jakarta, terutama daerah mangga dua dan glodok..hehe.