Sabtu, 24 Mei 2008

Kacamata 3D masa depan

Beberapa tahun yang lalu sempat booming acara-acara 3D di televisi nasional kita. Untuk menikmatinya pun tidak sulit, kita hanya perlu membeli kacamata 3D seharga Rp 3-5 ribu saja, dan mengenakannya pada saat acara berlangsung. Dengan menggunakan kacamata 3D tersebut, berbagai gambar dalam acara 3D tadi akan terlihat seolah-olah keluar dari layar televisi. Bagaimana ya bila kacamata 3D ini diberi berbagai sentuhan tekhnologi canggih ?

Kacamata canggih berikut ini sebenarnya bukan kacamata 3D, melainkan kacamata VR (Virtual Reallity). Berbeda dengan kacamata 3D, dengan kacamata VR kita tidak hanya duduk diam menikmati berbagai gambar yang seolah-olah keluar dari layar televisi, namun dengan VR ini kita juga dapat berinteraksi dengan berbagai obyek virtual tersebut. Kita akan melihat dunia yang sama sekali berbeda dengan dunia yang kita lihat sebelum kita mengenakan VR ini.

Alat berikut ini diberi nama Digital Escape. Digital Escape bukan hanya kacamata VR, namun Topeng (Mask) VR. Dengan alat ini kita tidak hanya dapat melihat dunia maya saja, namun kita juga dapat mendengar berbagai suara yang ada dalam dunia tersebut, bahkan mencium wewangian yang ada di sana, seolah-olah kita memang berada dalam dunia maya tersebut.

Dengan adanya alat ini, ditambah lagi dengan adanya the Grid, kira-kira akan seperti apa ya game online di masa depan ?