Sabtu, 03 Mei 2008

Airwaves. City Car Masa Depan

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar suatu kendaraan dapat disebut sebagai City Car. Beberapa syarat diantaranya adalah kendaraan tersebut harus berukuran cukup kecil atau “compact”, selain itu kendaraan tersebut juga harus hemat bahan bakar. Walaupun City Car saat ini sudah cukup memenuhi syarat-syarat tersebut, namun sepertinya terasa belum optimal.


Airwaves adalah salah satu konsep City Car masa depan. Sama seperti City Car lain di masa depan, Airwaves juga menggunakan listrik sebagai tenaga penggeraknya. Dengan mengandalkan listrik sebagai tenaga penggeraknya, Airwaves tidak menghasilkan polusi yang berbahaya bagi lingkungan.




Faktor keselamatan juga merupakan faktor yang sangat diperhatikan oleh Airwaves. Ketika pengemudi menggunakan rem darurat, maka kabin akan sedikit terangkat sesuai gaya yang dihasilkan oleh proses pengereman tersebut, dan airbag akan terbuka secara otomatis apabila memang dibutuhkan. Hal ini mengurangi kemungkinan cedera pada penumpang di dalam Airwaves. Selain memiliki airbag di dalamnya, Airwaves juga memiliki airbag di luar untuk mengurangi kemungkinan cedera pada orang yang tertabrak.

(source InventorSpot, Tuvie )