Sabtu, 26 April 2008

Pencakar langit ramah lingkungan yang mampu berubah bentuk

Tidak salah memang jika Dubai dikatakan sebagai “the architect’s playground”. Berbagai macam bangunan-bangunan termegah, tertinggi, tercanggih, terindah, hingga teraneh pun banyak bermunculan di Dubai.

Salah satu bangunan yang pantas dibahas kali ini adalah “The Rotating Tower”. Sesuai dengan namanya, gedung pencakar langit ini mampu berubah bentuk dengan cara “meliuk liukkan” tubuhnya. Setiap tingkat pada “The Rotating Tower” ini mampu berputar hingga 360 derajat, menghasilkan pemandangan yang selalu berubah-ubah untuk dilihat dari dalam gedung…dan juga dari luar gedung (^_^).

Bukan hanya kemampuan merubah bentuknya yang membuat “The Rotating Tower” menjadi istimewa. Dengan menggunakan turbin angin yang ada di setiap tingkatnya, dan ditambah dengan panel-panel surya yang melekat pada tubuhnya, “The Rotating Tower” mampu memenuhi kebutuhan listriknya sendiri, bahkan lebih dari itu, listrik yang dihasilkannya sudah lebih dari cukup untuk dibagikan ke gedung-gedung disekitarnya. Benar-benar pencakar langit yang ramah lingkungan.

Satu hal yang menjadikan “The Rotating Tower” menjadi lebih istimewa lagi adalah kenyataan bahwa bangunan pencakar langit ini adalah gedung pencakar langit pertama di dunia yang dibangun dengan sistem industri. Sekitar 90% dari “The Rotating Tower” dibangun dengan cara merakit berbagai macam modul bangunan yang telah diproduksi terlebih dahulu di pabrik.

“The Rotating Tower” diharapkan selesai pembangunannya pada tahun depan. Ketika selesai dikerjakan, bangunan ini akan memiliki ketinggian sekitar 313 meter dengan jumlah lantai sebanyak 68 tingkat. Selain itu, di dalam bangunan pencakar langit ini juga akan terdapat hotel berbintang 6, perkantoran, apartemen, dan beberapa villa mewah pada puncaknya.

(source MyDigitalLife )