Sabtu, 26 April 2008

[Video] Wisata ke luar angkasa kini tidak lagi mustahil


Tampaknya kini perjalanan ke luar angkasa semakin lama semakin mudah. Dulu hanya Astronot dan orang-orang terpilih saja yang bisa melakukannya, namun akhir-akhir ini mulai banyak milyarder yang bisa menikmati perjalanan ke luar angkasa tersebut. Untuk menikmati perjalanan ke luar angkasa ini para miliarder harus rela mengeluarkan biaya jutaan US Dollar dan juga latihan intensif selama berbulan-bulan.

Fenomena ini dilihat oleh Sir Richard Branson sebagai peluang bisnis yang baik. Belum banyak saingan bisnis dalam bidang wisata luar angkasa ini, atau bahkan memang belum ada saingan sama sekali. Sir Richard Branson, sebagai bos besar Virgin, berniat menjadi perusahaan swasta pertama di dunia yang bermain di bidang wisata luar angkasa ini. Perusahaan yang masih dibawah naungan Virgin ini pun Ia beri nama Virgin Galactic.

Dengan Virgin Galactic siapapun dapat pergi wisata ke luar angkasa tanpa harus mengeluarkan jutaan dollar dan latihan berbulan-bulan. Semenjak diumumkan pada tahun lalu, Virgin Galactic telah berhasil menjual 200 tiket penumpang yang diharapkan akan dapat melakukan penerbangan perdananya pada tahun depan. Harga per-tiket-nya memang masih telalu mahal untuk saat ini, yaitu sekitar US$200000, namun harga ini diharapkan akan terus turun selama lima tahun ke depan. Selain itu para calon penumpang juga hanya perlu berlatih selama 3 hari sebelum penerbangan.




Apa yang akan didapatkan oleh penumpang Virgin Galactic ? Untuk biaya sekitar US$200000, penumpang akan dibawa terbang hingga ke ketinggian 100 km dari bumi dan merasakan keadaan tanpa gravitasi selama sekitar 6 menit sebelum akhirnya kembali lagi ke bumi. Selama di luar angkasa para penumpang akan disuguhkan dengan pemandangan yang belum pernah mereka saksikan sebelumnya, yaitu pemandangan bumi yang dilihat dari luar angkasa.

Berikut ini adalah video yang menjelaskan mengenai perjalanan ke luar angkasa tersebut.






Mungkin biaya US$200000 untuk merasakan 6 menit di luar angkasa masih terlalu mewah bagi kita. Namun seiring dengan perkembangan tekhnologi, biaya tersebut akan terus turun, dan waktu untuk menikmati luar angkasa-pun juga dapat semakin diperpanjang.

Virgin Galactic juga merencakan akan mengadakan pernikahan pertama di luar angkasa. Pernikahan tersebut akan diadakan pada tahun depan dan langsung di pimpin oleh Sir Richard Branson. Click disini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pernikahan luar angkasa ini.

(source Wikipedia, VirginGalactic. video Youtube )