Selasa, 15 April 2008

[Video] Robot laba-laba raksasa sebagai pekerja di bulan

Saat ini NASA sedang giat mengembangkan berbagai macam robot cerdas yang dapat melakukan hal-hal yang tidak dapat dilakukan manusia di luar angkasa. Salah satu robot yang sedang dikembangkan oleh NASA adalah ATHLETE, atau All-Terain Hex-Legged Extra-Terrestrial Explorer.

Sesuai dengan namanya, penjelajah luar angkasa berkaki enam ini mampu berjalan di segala medan yang ada di bulan. Pada medan yang tidak terlalu berat, ATHLETE akan menggunakan roda-roda yang ada pada tiap kakinya untuk berjalan, hal ini membuat ATHLETE dapat berjalan jauh lebih cepat dibanding robot-robot berkaki lainnya. Dan pada medan yang cukup berat ATHLETE akan berjalan menggunakan ke-enam kakinya, persis seperti laba-laba ketika berjalan. Selain untuk berjalan, ke-enam kaki ATHLETE juga dapat digunakan sebagai “tangan”, bor, dan berbagai peralatan lainnya.

ATHLETE juga dapat saling bekerjasama, bila ada lebih dari satu ATHLETE pada satu lokasi, kedua ATHLETE tadi dapat saling bekerjasama untuk mengangkat benda berat atau untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan berat lain. Berikut ini adalah beberapa video yang menunjukkan kemampuan ATHLETE.




video di atas adalah rekaman video dari prototype ATHLETE yang sedang bekerja. Prototype ini berukuran lebih kecil dibanding aslinya nanti. Saat ATHLETE selesai dikerjakan, ATHLETE akan memiliki lebar hingga 7.5 meter, dan tiap-tiap kakinya akan memiliki panjang hingga 6 meter.

(source NewScientistSpace )