Sabtu, 05 April 2008

Peta 3D “real time” untuk prajurit di medan perang

Mungkin dalam waktu yang tidak lama lagi perangkat peta 3D real time akan menjadi perlengkapan yang wajib dibawa oleh para prajurit di medan perang.

Dengan peta 3D real time ini prajurit dapat memantau keadaan lingkungan disekitarnya secara real time dalam tampilan 3D. sebagai contoh, apabila medan perangnya adalah sebuah perkotaan, prajurit dapat memanfaatkan peta digital ini untuk memantau jalan-jalan, gedung-gedung dan berbagai infrastruktur lainnya. Tidak hanya itu, alat ini juga mampu melihat menembus tembok untuk mengetahui orang-orang atau apa saja yang ada dalam gedung tersebut, persis seperti adegan dalam film-film science fiction spionase yang biasa kita lihat.

Peta 3D ini dilengkapi dengan berbagai macam peralatan mutakhir seperti LIDAR, Thermal Imaging, dan X-Ray Backscatter. LIDAR mampu mengukur jarak dan ukuran pintu-pintu, jendela, gang, dan sebagainya secara akurat.

Peta 3D real time ini dikembangkan oleh perusahaan inggris yang bernama General Dynamics UK. Dan seperti perangkat militer yang lain, alat ini tidak hanya dapat dimanfaatkan oleh militer saja, namun juga oleh berbagai bidang sipil lainnya.

Apa jadinya ya kalau semua kemampuan ini ditanamkan ke dalam lensa kontak mutakhir untuk militer yang sedang dikembangkan oleh DARPA ? (^_^)

(source Engadget )