Kamis, 10 April 2008

Jepang. Negara yang paling banyak memberikan pengaruh positif bagi dunia

Berdasarkan polling yang dilakukan oleh BBC World Service, 56% dari 17 ribu orang yang diwawancarai di 24 negara menyatakan bahwa Jepang adalah negara yang paling banyak memberikan pengaruh positif bagi dunia. Disamping kanan ini adalah grafik yang menunjukan hasil polling tersebut.

Pada grafik tersebut dapat dilihat bahwa Jerman dan Jepang sama-sama memiliki 56% responden yang menyatakan bahwa kedua negara itu adalah negara-negara yang paling banyak memberikan pengaruh positif bagi dunia.

Negara-negara yang paling banyak memberikan penilaian positif tentang Jepang adalah Kenya sebesar 78%, Israel sebesar 75%, dan Indonesia sebesar 74%. Australia, Inggris, dan Amerika Serikat sama-sama memberikan penilaian positif tentang Jepang sebesar 70%.

Sedangkan negara-negara yang paling banyak memberikan penilaian negatif tentang Jepang adalah China sebesar 55%, dan Korea Selatan sebesar 52%.

Detail mengenai pandangan berbagai negara terhadap Jepang dilaporkan oleh salah satu harian surat kabar besar di Jepang, Yomiuri Shinbun.

(source Japanprobe. Image source BBC )