Rabu, 16 April 2008

[Video] Dongtan Eco-City. Kota paling ramah lingkungan di dunia

Dunia kini semakin sadar akan global warming dan berbagai dampak yang ditimbulkannya, termasuk China. Sementara Indonesia masih tidak jelas dengan gerakan penanaman sejuta pohonnya, China justru membangun satu “kota hijau” yang diharapkan akan menjadi contoh bagi kota-kota lainnya di dunia dalam menangani global warming atau pemanasan global. Kota hijau tersebut adalah Dongtan Eco-City, Kota paling ramah lingkungan di dunia.

Anda tidak akan menemukan tempat pembuangan sampah (TPA) di Dongtan, karena Dongtan memang tidak memilikinya. Dongtan tidak memerlukan TPA karena Dongtan memang direncanakan akan menjadi kota yang tidak menghasilkan sampah sama sekali (zero waste city). Lebih dari 90% (atau bahkan 100%) bahan buangan akan di daur ulang menjadi berbagai sumber daya untuk memenuhi kebutuhan kota.

Semua kendaraan di Dongtan akan berjalan dengan menggunakan listrik, tenaga matahari, atau sumber-sumber lain yang aman bagi lingkungan. Demikian juga untuk pertanian dan perkebunannya, Dongtan hanya akan menggunakan bahan-bahan organik yang ramah lingkungan. Listrik untuk kebutuhan kota akan dihasilkan dengan memanfaatkan panas bumi atau kompos dari limbah pertanian, perkebunan, dan juga dari limbah manusia. Gedung-gedung akan memiliki atap-atap yang ditumbuhi oleh berbagai tanaman yang bermanfaat.

Dongtan akan dibangun secara bertahap. Tahap pertama pembangunannya akan selesai pada 2010, dan akan dihuni oleh sekitar 5 ribu orang. Seiring dengan pengerjaan tahap-tahap berikutnya, jumlah populasi Dongtan juga akan meningkat. Diperkirakan Dongtan akan dihuni oleh sekitar 500 ribu orang pada tahun 2050.

(source InventorSpot )