Selasa, 29 April 2008

Handphone bertenaga air

Di saat perusahaan-perusahaan lain menjadi penghasil “masalah”, Samsung justru ingin menjadi perusahaan penghasil “solusi” bagi lingkungan. Samsung ingin turut berperan serta dalam upaya menyelamatkan bumi dari krisis iklim yang telah kita ciptakan.

Salah satu upaya Samsung untuk mewujudkan niat mulia-nya tersebut adalah dengan menciptakan handphone bertenaga air. Konsep kendaraan berbahan bakar air mungkin sudah sering kita dengar, namun konsep penggunaan tenaga air untuk handphone mungkin baru kali ini kita dengar.

Bagaimana cara handphone ini bekerja ?

Samsung telah membuat logam tertentu yang apabila bereaksi dengan air akan menghasilkan Hidrogen. Hidrogen ini kemudian akan disalurkan ke Fuel Cell yang akan menghasilkan listrik apabila bereaksi dengan Oksigen. Sedangkan Oksigen itu sendiri di dapat dari proses penguraian air menjadi Hidrogen yang telah dilakukan sebelumnya.

Dengan handphone bertenaga air ini kita tidak perlu bolak-balik mengganti baterai atau mengisinya dengan cara mencolokkannya ke sumber listrik. Kita hanya perlu mengisi ulang airnya saja untuk mendapatkan tenaga. Hemat, praktis, dan ramah lingkungan.

Samsung menargetkan agar handphone bertenaga air ini sudah bisa diproduksi mulai 2010, dan sepertinya mereka tidak mengalami kesulitan untuk mencapai targetnya tersebut. Saat ini handphone bertenaga air ini masih berupa prototype. Berdasarkan rata-rata penggunaan tenaga untuk pemakaian handphone, prototype handphone bertenaga air ini memiliki waktu aktif hingga 120 jam non-stop.

(source engadget )