Jumat, 11 April 2008

AZ Island. Satu lagi proyek raksasa ambisius untuk membuat pulau apung terbesar di dunia

Masih ingat dengan Freedom Ship (anda dapat membacanya disini ) ?. Sementara tidak ada kabar yang pasti mengenai kelanjutan proyek Freedom Ship, kini muncul satu lagi proyek raksasa ambisius untuk membuat pulau apung terbesar di dunia, yaitu AZ Island.








Proyek ini digarap oleh Alstom Marine, perusahaan yang juga membuat Queen Mary II (kapal pesiar terbesar di dunia saat ini).

Untuk merealisasikan AZ Island ini dibutuhkan biaya sekitar 2 milyar Euro. Apabila proyek ini berhasil diselesaikan, AZ Island akan memiliki ukuran panjang 400 meter, dan lebar 300 meter, serta mampu menampung hingga 10 ribu penumpang pada bangunan 29 tingkatnya, dan juga akan menjadi pulau apung buatan terbesar di dunia apabila Freedom Ship gagal dikerjakan.

Dengan ukuran yang lebih kecil dibanding Freedom Ship, AZ Island tidak memiliki lahan untuk bandara udara atau landasan pesawat seperti yang ada pada Freedom Ship. Cara untuk keluar masuk dari AZ Island hanyalah dengan menggunakan kapal-kapal kecil atau helikopter (atau berenang bila anda mampu..^_^).

Secara konsep, AZ Island tidak terlalu jauh berbeda dengan Freedom Ship. Namun sayang sekali, saya belum berhasil menemukan situs resmi yang menerangkan tentang proyek Island ini, namun anda dapat membaca lebih detail mengenai Freedom Ship pada blog ini, atau pada situs resminya yang beralamat di http://www.freedomship.com/.

(source TheBuilderBlog. Image Zoppini )