Kamis, 03 April 2008

Anime tertua di dunia

Siapa yang sangka, ternyata Anime telah ada semenjak tahun 1918, atau mungkin lebih tua lagi dari itu. Anime berumur 90 tahun ini ditemukan oleh Natsuki Matsumoto ketika ia sedang berjalan-jalan di toko barang antik di Osaka pada Juli tahun lalu. Film bisu berdurasi pendek ini merupakan anime tertua yang pernah ditemukan. Matsumoto tidak hanya menemukan satu film, tapi dua film anime sekaligus.

Kini kedua film anime tersebut telah berhasil dipulihkan oleh pusat perfilman nasional di Tokyo. Kedua anime itu adalah “Nakamura Katana”, dan “Urashima Taro”. “Nakamura Katana” adalah anime bisu berdurasi sekitar 2 menit dan bercerita mengenai seorang Samurai, sedangkan “Urashima Taro” bercerita mengenai seorang nelayan berdasarkan legenda jepang kuno.

Junichi Kouchi dan Seitaro Kitayama adalah dua orang yang telah menciptakan kedua anime tadi. Mereka dianggap sebagai pelopor dari Anime.

Kedua anime tersebut akan ikut mengambil bagian dalam festival film yang diselenggarakan April ini di pusat perfilman nasional di Tokyo.

(source Japundit)