Sabtu, 01 Maret 2008

Koneksi Speedy Telkom Terganggu.

Sejak beberapa hari kemarin saya merasakan gangguan pada akses internet Telkom Speedy saya, dan selama satu hari kemarin saya sama sekali tidak dapat mengakses internet melalui Telkom Speedy. Ketika pagi ini saya membaca koran, baru saya tahu ternyata memang ada masalah yang cukup parah di jaringan Telkom.

Berikut ini adalah berita yang saya ambil dari Media Indonesia, tertanggal 1 Maret 2008 :

Jakarta (MI): Jaringan Telkom Speedy terganggu akibat adanya pembangunan jalan layang di sekitar Palembang. Akibatnya, sambungan layanan Speedy terputus.

Vice President Public Marketing Communication PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) Eddy Kurnia mengatakan, gangguan terjadi akibat terputusnya link fibre optic di beberapa tempat. “Tim teknis kami tengah melakukan perbaikan. Diharapakan hari ini juga gangguan sudah bisa diatasi,” ujarnya di Jakarta kemarin.

Gangguan terjadi sejak 20 Februari 2008 pada Ring Jasuka (Jakarta-Tanjung Pandan-Pontianak-Batam-Pekanbaru-Palembang-Baturaja Lampung-Jakarta) khususnya pada ruas Jakarta-Tanjung Pandan.

Telkom lalu mengalihkan traffic internet melalui rute terestrial Jakarta Lampung-Palembang-Pekanbaru-Dumai-Batam, yang kemudian juga mengalami gangguan akibat pembangunan jalan layang di Palembang.

“Kami sedang melakukan penyambungan pada jaringan yang terputus di lokasi tersebut.”

Untuk gangguan yang terjadi di bawah laut, Telkom telah mendatangkan kapal khusus dari Singapura. “Setelah menyelesaikan berbagai proses administrasi, saat ini posisi kapal sudah mendekati Jakarta dan akan segera dikerahkan untuk mengatasi gangguan tersebut.” Lanjutnya.

Eddy menambahkan, sebagian traffik dialihkan via satelit dan radio transmisi digital. Konsekuensinya, trafik internet yang bisa di-handlebandwidth, satelit dan tadio transisi jauh di bawah fiber optic. hanya 10% saja, mengingat dari sisi

Penyebab terputusnya kabel fibre optic tersebut, hingga saat ini masih diteliti. Ia juga menjelaskan frekuensi untuk backbone microwave Speedy sebenarnya terbatas, sehingga mengimbau kepada pemerintah agar memberikan izin penambahan frekuensi baru.

Langkah ini membantu menghindari dampak gangguan serupa di waktu-waktu mendatang. Sebelumnya, Telkom meresmikan layan internet kecepatan tinggi Telkom Speedy di Ranai Kepulauan Natuna, Provinsi Riau.

(Slv/LD/KN/RK/E-2)