Selasa, 04 Maret 2008

Google Reader. Baca “Feed” favorite anda dimanapun anda

Bagi anda yang selalu mengikuti perkembangan informasi di seantero jagat maya pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya “Feed Reader” atau biasa disebut juga dengan "News Aggregator". Dengan Feed Reader, kita dapat memantau semua informasi dari berbagai blog atau website tanpa harus membuka website-website tersebut. Caranya tentu saja dengan berlangganan RSS atau Atom yang mereka sediakan.

Banyak sekali pilihan
software Feed Reader yang dapat kita temukan. Ada yang berupa software stand alone desktop, ada juga yang web based. masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tapi kalau ditanya soal fleksibilitas, penulis lebih memilih untuk menggunakan web based Feed Reader karena kita bisa menggunakannya dimanapun dan kapanpun, tanpa perlu menginstal software di komputer atau handphone, selama kita terkoneksi ke internet.

Google Reader adalah salah satu web based feed reader yang memiliki reputasi cukup baik (mungkin karena terpengaruh nama besar Google dibelakangnya??). Dengan Google Reader anda dapat mengelompokkan feed-feed anda dengan cara memberi label kepada tiap-tiap feed. Selain itu Anda juga dapat meng-Googling feed-feed anda. Tersedia juga dua pilihan tampilan untuk semakin memudahkan anda dalam membaca feed-feed favorite anda, yaitu List View, dan Expanded View.

Seperti kebanyakan software-software Google lainnya, layanan dari Google Reader juga dapat dinikmati gratis pada alamat : http://www.google.com/reader