Jumat, 01 Februari 2008

Download Video dari Youtube, Metacafe, dan berbagai situs video sharing lainnya.


Sekarang ini banyak sekali dapat kita temukan situs-situs video sharing, dua diantaranya yang paling besar adalah Youtube dan Metacafe. Keberadaan situs-situs ini sangat membantu kita untuk mencari dan menemukan video-video yang kita butuhkan.

Namun sayangnya, hampir semua situs-situs video sharing ini tidak menyediakan fasilitas download video, sehingga banyak orang hanya bisa melihat video-video tersebut secara online. Untuk mengatasi keterbatasan tersebut maka bermunculan-lah layanan-layanan jasa yang bertujuan untuk memudahkan orang untuk mendowload video dari situs-situs video sharing tersebut.

Layanan-layanan untuk mendownload video dari situs-situs video sharing ini muncul dalam dua bentuk, yaitu aplikasi web based, dan aplikasi desktop. Berdasarkan pengalaman penulis, sungguh sangat merepotkan untuk medownload video dengan menggunakan bantuan aplikasi web based. Sebagai gantinya penulis lebih senang dengan menggunakan aplikasi desktop.

Menurut penulis, sejauh ini Moyea FLV Downloader adalah aplikasi desktop terbaik untuk mendownload video-video dari situs-situs video sharing semacam Youtube. Cara penggunaannya pun tergolong mudah, setelah menginstalnya, anda hanya perlu melakukan hal seperti yang biasa anda lakukan ketika ingin melihat video secara online, yaitu mainkan video yang anda ingin download dari situs video sharing yang anda suka.

Sebagai contoh, setelah anda menginstal software Moyea FLV Downloader di komputer anda, jalankan Moyea FLV Downloader, Aktifkan tombol yang berjudul “Start Recording”, kemudian buka Youtube pada browser anda, setelah itu search video yang anda ingin lihat, setelah file video terlihat, jalankan video tersebut, kemudian secara otomatis Moyea FLV Downloader akan mendownload video tersebut.

Moyea FLV Downloader dapat di download secara gratis pada link ini.